Mengapa Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi? Ini Alasannya

Jum'at, 02 September 2022 - 13:05 WIB
loading...
Mengapa Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi? Ini Alasannya
Nanas dipercaya bisa menurunkan kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang patut diperhatikan dan diwaspadai. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Nanas dipercaya bisa menurunkan kolesterol tinggi . Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang patut diperhatikan dan diwaspadai.

Apabila terus dibiarkan, kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya. Termasuk penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, hingga stroke.

Sebagai bentuk pencegahan, seseorang dengan kadar kolesterol tinggi bisa memasukan beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar tersebut. Salah satunya diantaranya adalah nanas.

Nanas sendiri dikenal sebagai salah satu buah manis yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Dikutip Assaggio, Jumat (2/9/2022) memasukan nanas dari pola makan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.


Dalam kandungannya, nanas merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nanas juga rendah kalori dan tinggi mineral penting serta tidak termasuk lemak trans atau lemak jenuh.

Kemudian, kandungan bromelain pada nanas bisa bermanfaat mengurangi pembekuan darah akibat arteri yang tersumbat serta sirkulasi darah yang terhambat. Biasanya masalah tersebut muncul akibat plak yang ditimbulkan kolesterol pada tubuh.

Nanas juga kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antioksidan. Fungsinya bisa melawan radikal bebas yang mendorong pembentukan plak penyebab aterosklerosis dan penyakit jantung.

Salah satu cara menikmati buah ini adalah dengan menjadikannya sebagai jus. Dikutip dari WebMd, kandungan penting dari nanas adalah bromelain, enzim yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit.


Penelitian modern telah mempelajari efek bromelain dan mendukung beberapa potensi manfaat kesehatan dari jus nanas. Membuat jus nanas di rumah juga cukup mudah. Namun, Anda harus memastikan untuk menggunakan nanas yang sudah matang sepenuhnya karena bisa menjadi racun jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Nantinya, kandungan bromelain di dalamnya dapat memecah gumpalan darah dan simpanan kolesterol di arteri. Hasilnya, akan timbul aliran darah yang sehat dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)